MOTTO

RUKUN DAMAI

OPTIMASLISASI PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KEMENAG KABUPATEN KONAWE MELALUI SIMADU

INTELEKTUALITAS TANPA SILAYUKTI TANPA GUNA

INTELEKTUALITAS TANPA SILAYUKTI TANPA GUNA
Disaat pengetahuan hanya menjadi sebuah ajang untuk menunjukkan intelektualitas, kewibaan, kekuasaan, kebijaksanaan...yang berujung pada rusaknya moralitas dan kedamaian kehidupan....Saraswati dalam keheningan bertanya-tanya kepada Ia atau mereka yang seperti itu...?. Aparan ta prayojananika ring hurip, ring wibhawa, ring kaprajnan, apan wyartha ika kabeh, yan tan tan hana SILAYUKTI. (Sarasamuccaya 160)

WEBSITE UTAMA KANKEMENAG KABUPATEN KONAWE

WEBSITE UTAMA KANKEMENAG KABUPATEN KONAWE
Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten dengan alamat : "www.simadu.info", adalah Website Utama sebagai Pusat Bank Data dan Informasi bagi seluruh satker di Lingkup KanKemenag Kab. Konawe. Sedangkan Website Satker Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kemenag Kab. Konawe adalah website jejaring yang terintegrasi dengan Website Utama KanKemenag Kab. Konawe. Klik gambar pada link ini untuk menuju ke Website Utama KanKemenag Kab. Konawe

Sabtu, 14 September 2019

Guru Hindu Menggelar Sembahyang Bersama Purnama di SDN 3 Sendang Mulya Sari

Gbr. Photo 1 :
Saat I Wayan Sumatra, S.Ag. Memimpin Persembahyangan
di Halaman SDN 3 Sendang Mulya Sari - Menghadap Ketempat Suci Pura


Unaaha (Bimas Hindu Konawe) – Sabtu, 14 September 2019, Guru Pendidikan Agama Hindu I Wayan Sumatra, S.Ag. bersama guru-guru yang beragama Hindu lainnya yang bertugas di Satuan Pendidikan SDN 3 Sedang Mulya Sari Kec. Tongauna Kabupaten Konawe menggelar persembahyangan bersama dengan siswa-siswi Hindu di Tempat Suci Pura yang ada disekolah-nya.

Menurut Wayan Sumatra sebagai Guru Pengampu Mapel Pendidikan Agama Hindu (PAH) di SDN 3 Sedang Mulya Sari, dalam konfirmasinya ke Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Konawe, menyampaikan bahwa Persembahyangan bersama yang dilakukan disekolah tempatnya bertugas, menjadi agenda rutin yang telah dilakukan setiap menyambut Hari Suci Agama Hindu yaitu Hari Suci Purnama dan Tilem. Lebih lanjut dalam pemaparannya, Wayan Sumatra menyampaikan bahwa pihak sekolah dalam hal ini; Ibu Kepala Sekolah Nurminah,S.Pd dan guru-guru pembina yang Non Hindu sangat mengapresiasi kebiasaan yang dilakukan oleh guru-guru yang beragama Hindu bersama siswa-siswinya dalam menanamkan nilai-nilai Iman dan Taqwa (sraddha dan Bhakti) di lingkungan sekolah. Terlebih di SDN 3 Sedang Mulya Sari mayoritas siswa-siswinya beragama Hindu. Hal ini sangat penting dilakukan sebelum memulai pembelajaran, agar para siswa-siswi dapat lebih tenang dan rileks dalam mengikuti dan menerima materi pembelajaran. Emosional, Intelektual, Sosial dan Spiritualitas akan terasah melalui kegiatan persembahyangan bersama ini.  Sebagai Pimpinan saya bersyukur dan beterimakasih bila semua guru bergerak dalam penanaman nilai-nilai agama, karena ini sangat sejalan dengan Kurikulum Pendidikan K13 yang sedang digalakkan sekarang ini. Kognitif, Afektif dan Psikomotorik siswa-siswi kita harus seimbang tegas-nya.

Gbr. Photo 2 :
Saat Guru Pembina yang Beragama Hindu
Mengedarkan Tirta Wangsuh Pada

Persembahyangan bersama tersebut dipandu oleh beberapa guru Pembina diantaranya;  l Wayan Sumatra, S.Ag, lda Bagus Agung Adi Kusuma Yuda, S.Pd, Ketut Sudarmini, S.Pd, Nyoman Sri Rai Putri, S.Pd dan dikuti oleh siswa-siswi Hindu mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6, yang hadir saat pesembahyangan ± 125 Siswa. Suasana Agama dan Keagamaan Hindu mewarnai di SDN 3 Sedang Mulya Sari. Persembahyangan bersama dalam cuaca yang cerah itu berlangsung khidmat dan lancar.

Perayaan Hari Suci Purnama- Tilem di Lingkungan Sekolah diharapkan mampu mencerdaskan, menguatkan sraddha bhakti dan meningkatkan swadharma dan Aguru Bhakti kepada nusa dan bangsa, begitu pesan dari Penyelenggara Bimas Hindu Kab. Konawe I Nengah Sumendra, S.Ag., M.Fil.H saat koordinasi dilakukan sehari sebelum persembahyangan bersama ini. Persembahyangan bersama yang seyogyanya Penyelenggara Bimas Hindu akan hadir juga, namun setelah dikonfirmasi tadi pagi tidak bisa hadir karena kondisi sakit. Begitu pemaparan Wayan Sumatra dengan ciri has kumis tebalnya, saat dikonfirmasi lewat via telpon. 


Dengan kecerdasan para pelajar mampu meningkatkan prestasi belajar untuk meraih kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan kreatif serta inovatif mengasah keterampilan bidang teknologi. Dari semua mahluk ciptaan di dunia, manusia menjadi mahluk paling utama karena memiliki kemampuan berwiweka yang baik. (INS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar