MOTTO

RUKUN DAMAI

OPTIMASLISASI PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KEMENAG KABUPATEN KONAWE MELALUI SIMADU

INTELEKTUALITAS TANPA SILAYUKTI TANPA GUNA

INTELEKTUALITAS TANPA SILAYUKTI TANPA GUNA
Disaat pengetahuan hanya menjadi sebuah ajang untuk menunjukkan intelektualitas, kewibaan, kekuasaan, kebijaksanaan...yang berujung pada rusaknya moralitas dan kedamaian kehidupan....Saraswati dalam keheningan bertanya-tanya kepada Ia atau mereka yang seperti itu...?. Aparan ta prayojananika ring hurip, ring wibhawa, ring kaprajnan, apan wyartha ika kabeh, yan tan tan hana SILAYUKTI. (Sarasamuccaya 160)

WEBSITE UTAMA KANKEMENAG KABUPATEN KONAWE

WEBSITE UTAMA KANKEMENAG KABUPATEN KONAWE
Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten dengan alamat : "www.simadu.info", adalah Website Utama sebagai Pusat Bank Data dan Informasi bagi seluruh satker di Lingkup KanKemenag Kab. Konawe. Sedangkan Website Satker Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kemenag Kab. Konawe adalah website jejaring yang terintegrasi dengan Website Utama KanKemenag Kab. Konawe. Klik gambar pada link ini untuk menuju ke Website Utama KanKemenag Kab. Konawe

Kamis, 12 September 2019

Penyelenggara Bimas Hindu Bersua di SDN 3 Sendang Mulya Sari

PENYELENGGARA BIMAS HINDU 
KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KAB. KONAWE 
BERSUA KE SATUAN PENDIDIKAN DI WILAYAH BINAANNYA



Photo; Saat Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kemenag Kab Konawe 
Bapak Drs. I Nyoman Narpa, M.Fil.H di Ruangan Kepala Sekolah SDN 3 Sendang Mulya Sari 

Guna memperoleh infomasi awal hal-hal yang berkaitan dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu yang berlangsung di tingkat SD, SMP dan SMA, maupun yang berlangsung pada Lembaga Pendidikan Agama dan Keagamaan Hindu Non Formal seperti sekolah mingguan yang berlangsung di setiap pasraman. Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Konawe khususnya dalam program kerjanya yang berkenaan dengan Pendidikan Agama Hindu mengagendakan kunjungan kerja ke setiap satuan pendidikan yang tersebar di wilayah binaan-nya, terutama pada satuan pendidikan yang di dalamnya terdapat siswa-siswi Hindu-nya. Hal ini dimaksudkan dengan tujuan agar Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kemenag Kabupaten Konawe sebagai instansi terkait yang memiliki Tugas dan Fungsi serta Misi dan Visi yang berkenaan dengan Pendidikan Agama Hindu dapat memberi ataupun memperoleh informasi tentang Pendidikan Agama Hindu di wilayah binaan-nya.


Jumat, 31 Agustus 2018, Bapak Drs. I Nyoman Narpa, M.Fil.H yang sudah bertugas sejak 2005 sebagai Penyelenggara Bimas Hindu di Kantor Kemenag Kab. Konawe, pada tahun ajaran ini mengawali kunjungannya di SDN 3 Sendang Mulya Sari, Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Tongauna. Kehadiran beliau di sambut baik oleh Kepala Sekolah dan Bapak I Wayan Sumatra, S.Ag. sebagai Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu yang bertugas di SDN 3 Sendang Mulya Sari.

Ibu Nurminah, S.Pd yang saat ini sebagai Kepala Sekolah SDN 3 Sendang Muya Sari, menyampaikan bahwa sumber/media belajar khususnya Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu & Budhi Pekerti sesuai dengan Kurikulum K13 Edisi Revisi 2017 telah diadakan oleh pihak sekolah, lebih lanjut dalam penyampainnya masing-masing siswa sesuai dengan tingkat kelasnya sudah kami sediakan. SDN 3 Sendang Mulya Sari saat ini 100% siswa-siswa-nya beragama Hindu, namun pada tahun ajaran sebelumnya pernah 1, 2, 3 siswa-siswa yang non Hindu. Sebagai bentuk apresiasi dengan lingkungan sekolah yang mayoritas siswa-siswinya beragama Hindu pihak sekolah telah menyediakan tempat ibadah (pura) dengan areal yang kecil, sehingga dengan keberadaan tempat ibadah ini, siswa-siswi kami dapat melaksanakan ibadah sebelum memulai pembelajaran di ruangan kelas. Ini sejalan dengan Kurikulum K13 dimana KI-1 adalah ruang dimana para siswa-siswi patut meningkatkan spiritualitas-nya sesuai dengan agama yang di anut-nya, begitu dalam paparan dari Ibu Kepala Sekolah yang dari awal selalu dengan wajah ceria dan senyum-nya.

Gambar : Bahan Ajar dan Belajar 
Buku Pendidikan Agama Hindu K13 Edisi Revisi 2017

Menyimak dan menyambut pemaparan dari Ibu Nurminah, Bapak Nyoman Narpa tak henti-nya menyampaikan terimakasih kepada Ibu Kepala Sekolah, yang telah memberikan perhatian lebih terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di sekolah yang dipimpin-nya. Lebih lanjutnya dalam penyampaiannya, semoga keadaan di satuan pendidikan ini, dapat menjadi bahan informasi kepada satuan pendidikan yang lainnya terutama yang ada siswa-siswi Hindu-nya. Karena sampai saat ini ada beberapa sekolah yang belum menyediakan bahan ajar dan belajar Pendidikan Agama Hindu bagi guru dan siswa-siswi Hindu-nya.

Pada akhir pembicaraannya, Bapak I Nyoman Narpa kembali mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah, dan mengulangi pembicaraan awalnya bahwa kedatangannya selain untuk silahturahmi dengan satuan pendidikan, juga untuk memperoleh informasi tentang pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di setiap satuan pendidikan yang terdapat siswa-siswi Hindu-nya. Karena sampai saat ini ada beberapa satuan pendidikan yang belum ada tenaga pengajar-nya, dengan cara kami langsung kelapangan sehingga informasi yang kami peroleh dapat kami pertanggungjawabkan, serta apa..?, Bagaimana..? solusi yang dapat di ambil di kemudian hari bila ada hal-hal yang memang patut ditindaklanjuti, tegas-nya.

( Unaaha, 31 Agustus 2018. Post by: Staf Pengadministrasi Penyelenggara Bimas Hindu. INS )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar