MOTTO

RUKUN DAMAI

OPTIMASLISASI PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KEMENAG KABUPATEN KONAWE MELALUI SIMADU

INTELEKTUALITAS TANPA SILAYUKTI TANPA GUNA

INTELEKTUALITAS TANPA SILAYUKTI TANPA GUNA
Disaat pengetahuan hanya menjadi sebuah ajang untuk menunjukkan intelektualitas, kewibaan, kekuasaan, kebijaksanaan...yang berujung pada rusaknya moralitas dan kedamaian kehidupan....Saraswati dalam keheningan bertanya-tanya kepada Ia atau mereka yang seperti itu...?. Aparan ta prayojananika ring hurip, ring wibhawa, ring kaprajnan, apan wyartha ika kabeh, yan tan tan hana SILAYUKTI. (Sarasamuccaya 160)

WEBSITE UTAMA KANKEMENAG KABUPATEN KONAWE

WEBSITE UTAMA KANKEMENAG KABUPATEN KONAWE
Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten dengan alamat : "www.simadu.info", adalah Website Utama sebagai Pusat Bank Data dan Informasi bagi seluruh satker di Lingkup KanKemenag Kab. Konawe. Sedangkan Website Satker Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kemenag Kab. Konawe adalah website jejaring yang terintegrasi dengan Website Utama KanKemenag Kab. Konawe. Klik gambar pada link ini untuk menuju ke Website Utama KanKemenag Kab. Konawe

Kamis, 12 September 2019

Kunjungan Penyelenggara Bimas Hindu di SMPN 3 Tongauna

KUNJUNGAN PENYELENGGARA BIMAS HINDU 
KANTOR KEMENAG KABUPATEN KONAWE DI SMPN 3 TONGAUNA


Photo : 1
Saat Bapak Drs. I Nyoman Narpa, M.Fil.H 
bersama Kepala Sekolah SMPN 3 Tongauna Bpk. Mansur, S.Pd. 

Om Swastyastu,
Om Awignam Astu Nama Sidham,

Jumat, 7 September 2018, Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Konawe Bapak Drs. I Nyoman Narpa, M.Fil.H didampingi oleh staf-nya kembali melanjutkan kunjungan-nya ke satuan pendidikan guna bersilahturahmi dengan pihak sekolah terutama dengan Guru Mata Pelajaran yang mengampu Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, guna memperoleh informasi tentang pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu & Budi Pekerti bagi siswa-siswi Hindu di satuan pendidikan tersebut.

Satuan pendidikan yang dikunjungi kali ini adalah SMPN 3 Tongauna. Kehadiran Bapak I Nyoman Narpa,M.Fil.H sudah ditunggu sejak pagi hari oleh pihak sekolah karena sebelumnya telah ada koordinasi dengan Ibu Putu Mediati, S.Ag. selaku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu & Budi Pekerti di sekolah tersebut.

Setibanya di SMPN 3 Tongauna, Bapak I Nyoman Narpa disambut oleh Bapak Mansur, S.Pd selaku Kepala Sekolah (KS) dan didampingi oleh Ibu Putu Mediati dan beberapa guru yang lainnya yang telah berada di ruangan para guru. Bapak I Nyoman Narpa langsung menyampaikan maksud dan tujuan dari kedatangannya. Bapak Mansur selakau Kepala Sekolah menyambutnya dengan sebuah sapaan selamat datang di SMPN 3 Tongauna, inilah kondisi dan keberadaan kami disini, kami sangat senang dikunjungi oleh pihak instansi terkait terlebih dari Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kemenag Kab. Konawe mengingat di SMPN 3 Tongauna ini 75% siswa-siswinya beragama Hindu. Dengan adanya kunjungan ini paling tidak kami dapat menginformasikan kegiatan yang telah berlangsung selama ini bagi siswa-siswi kami yang beragama Hindu baik proses pembelajarannya di ruang kelas ataupun kegiatan ekstrakurikuler-nya.

Lebih lanjutnya dalam penyampaiannya, Bapak Mansur menyampaikan bahwa berkenaan dengan sumber ajar dan belajar bagi Guru dan Siswa terutama Buku Pendidikan Agama Hindu, sesuai dengan jenjang kelas-nya, baik kelas VII, kelas VIII dan kelas IX sudah kami pesan, tinggal menunggu datangnya pesanan buku-buku itu. Namun demikian, sambil menunggu buku Pendidikan Agama Hindu yang telah dipesan itu, Ibu Putu Mediati sudah menggunakan Buku Pendidikan Agama Hindu K13 Edisi Revisi 2017 walaupun masih dalam bentuk file PDF, sehingga kebutuhan berkaitan dengan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dapat pula di sediakan, tegas-nya.

Menyambung apa yang telah disampaikan oleh Kepala Sekolah-nya, Ibu Putu Mediati sebagai ASN Pengangkatan Kemenag yang bertugas sebagai Guru Mata Pelajaran Agama Hindu di SMPN 3 Tongauna menyampaikan bahwa kegiatan praktek ataupun estrakurikuler bagi siswa-siswi Hindu telah berjalan selama ini, seperti; praktek Yoga, Dharmagita, dan Tari dan Upacara/Upakara Hindu. Salah satunya seperti praktek Yoga yang kami lakukan ini sudah berlangsung mulai dari tadi pagi sekitar jam 06.30 wita, ucap-nya.



Photo : 2 & 3
Ibu Putu Mediati, S.Ag. saat praktek Yoga 
bersama siswa-siswa Hindu di SMPN3 Tongauna

Lebih lanjut dalam penyampaiannya, Ibu Putu Mediati mengatakan bahwa sampai saat ini pembelajaran Pendidikan Agama Hindu bagi siswa-siswi Hindu di SMPN 3 Tongauna belum mengalami kendala, dulu pernah ada kendala berkaitan dengan soal-soal Agama Hindu di saat jadwal Ujian Akhir Sekolah tiba waktunya, namun saat ini tidak lagi, karena mulai dari tahun kemarin wadah KKG/MGMP Pendidikan Agama Hindu tingkat provinsi telah disuport oleh Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara, Up. Pembimas Hindu dalam pengadaan soal-soal UASBN Pendidikan Agama Hindu bagi siswa-siswi Hindu Kelas IX, begitu ucapnya, sambil mempersilahkan hidangan kue dan teh hangat yang sudah disediakan sejak tadi kepada semua yang ada di ruangan itu.

Bapak I Nyoman Narpa, sambil lihat-lihat photo kegiatan Yoga siswa-siswi Hindu yang tadi sempat di dokumentasikan, kami sebagai Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kemenag Konawe sangat mengapresiasi baik dan berterimakasih kepada pihak sekolah yang telah maksimal memberikan perhatian terhadap Pembelajaran Pendidkkan Agama Hindu bagi siswa-siswi di SMPN 3 Tongauna ini. Lebih lanjut, menyampaikan bahwa bilamana pihak sekolah dalam moment-moment hari besar keagamaan ada agenda kegiatan untuk memberikan pembekalan tambahan terhadap penanam Iman dan Taqwa terhadap siswa-siswi Hindu, kami siap menghadiri sekaligus memberikan materi tambahan Ajaran Agama Hindu yang harapannya agar sikap spiritual dan sosial siswa-siswi Hindu semakin baik kedepannya.


Photo : 4
Saat Wakasek Bapak I Ketut Mulara, S.Pd Menyodorkan Buku Tamu 
kepada Staf Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kemenag Kab. Konawe

Dipengunjung pembicaraannya, Bapak I Nyoman Narpa mengajak kepada pihak sekolah untuk terus berkomunikasi dan saling berbagi infomasi, sehingga silahturahmi dapat berlangsung terus, karena dengan demikian hal-hal yang berkaitan dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di SMPN3 Tongauna ini dapat kami ketahui lebih awal dan menjadi dasar penyambung informasi kepada pihak yang membutuhkan, tegas-nya.


Om Subhamastu,
Unaaha, 7 September 2018
Post By. Staf Penyelenggara Bimas Hindu
Kantor Kemenag Kabupaten Konawe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar